LEMBAR JURNAL BELAJAR PRIBADI

March 19, 2009 at 10:11 am Leave a comment

Di era otonomi daerah ini, dimana setiap daerah diberikan kesempatan yang luas untuk berkreasi dan berinovasi membangun daerahnya, sudah tentu membutuhkan aparatur yang memiliki kualifikasi dan pengetahuan yang komprehensif.
Salah satu kesempatan itu tentunya melalui pendidikan dan latihan kedinasan seperti yang saat ini sedang saya ikuti, Diklat PIM Tingkat II yang diselenggarakan oleh Kampus Badan Diklat Propinsi Jawa Timur.
Saya adalah peserta Diklat PIM Tingkat II Angkatan XVIII tahun 2008 dari luar daerah Propinsi Jawa Timur yang pertama datang ke Kampus Diklat Propinsi Jawa Timur. Tiga hari sebelum pendaftaran peserta Diklat PIM Tingkat II saya sudah masuk kampus, tepatnya tanggal 26 Desember 2008 hari Jum’at sore, ditempatkan oleh panitia di ruang tamu.
Ada keuntungan maupun kerugian memasuki Kampus Diklat sebelum waktunya. Keuntungannya, saya dapat mengenal lingkungan kampus dan berinteraksi lebih dulu dengan para petugas di Pos yang ternyata orangnya ramah-ramah dan banyak membantu saya mengurus Medical Record di Rumah Sakit UTS sebagian salah satu persyaratan yang telah saya dapat jalan-jalan melihat-lihat suasana Kota Surabaya, yang sangat menarik kalau malam hari.
Kerugiannya ada juga, karena datang sebelum waktunya maba, biayapun banyak keluar untuk keperluan makan diluar dan lain sebagainya. Tapi ibarat mau perang, saya sudah dalam mengenal medan pertempuran, maksud saya mengenal liku-liku dan seluk-beluk Kampus Badan Diklat Propinsi Jawa Timur, seperti dimana nanti ditempatkan, dimana ruang belajarnya, dimana sarana olahraganya dan sebagainya.
Hari pertama mengikuti pembukaan dan pembelajaran Diklat Pim Tingkat II dengan Thema Central yaitu : ”Peran Kepemimpinan Aparatur dalam Rangka Mendorong Percepatan Reformasi”. Telah memberikan gambaran betapa banyak permasalahan dalam birokrasi pemerintah yang perlu menjadi perhatian hal ini terangkat pada saat peserta Diklat PIM Tingkat II Angkatan ke XVIII diberikan kesempatan untuk bertanya, walaupun waktu yang disediakan oleh Kepala LAN Bapak Dr. ASMAWI REWANSYAH, M.Sc., sangat terbatas, tetapi pertanyaan peserta dan jawaban beliau cukup memuaskan.
Pada hari ke dua, suasana pembelajaran mulai menarik dan penuh kehangatan, para peserta Diklat PIM Tingkat II yang tadinya masih belum kenal-mengenal mulai terlihat akrab, terutama setelah Bapak Widyaiswara membahas Kajian Paradigma Building Learning Commitment (BLC).
Salah satu pengalaman saya yang cukup berkesan yaitu pada saat para peserta Diklat PIM Tingkat II diberikan kesempatan untuk maju ke depan kelas dan menyampaikan jati diri untuk perkenalan. Saya sendiri yang dalam keseharian dan dalam tugas telah biasa berhadapan dengan forum yang lebih besar ternyata agak gugup juga menghadapi rekan-rekan peserta Diklat PIM Tingkat II yang sebagian besar terdiri dari para pejabat eselon II, tetapi berkat kehangatan yang telah terjalin sebelumnya saya tidak lagi merasa tegang dan beku, kebekuan diantara peserta telah mencair, rekan peserta Diklat PIM Tingkat II dari Kelompok I ternyata orangnya banyak yang humoris tanpa kehilangan intelektualitasnya.
Pada akhirnya baru saya sadari melalui latihan-latihan dan metode-metode yang diberikan oleh Bapak Widyaiswara ternyata saya termasuk kategori belajar dengan Gaya Belajar Assimilator dan masih banyak lagi kelemahan dalam diri saya yang perlu diperbaiki di Kampus Badan Diklat Propinsi Jawa Timur ini.

Entry filed under: Penting. Tags: .

PERAN KEPEMIMPINAN Seputar Perjalanan Diklatpim

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


March 2009
M T W T F S S
     
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

